On Line Trading

Di Indonesia untuk bertransaksi di pasar modal, metode yang digunakan kebanyakan masi konvensional. Investor menelepon ke broker kemudian broker memasukkan order tersebut remote trading mereka yang langsung connect dengan Bursa Efek Indonesia. Untuk melihat harga saham, investor datang ke galeri saham di kantor broker dan menyaksikan running trade di sana.

Akan tetapi beberapa tahun belakangan ini fenomena On Line Trading (OLT) semakin meningkat seiring dengan semakin mudahnya akses internet di Indonesia. Akses internet selama ini menggunakan dial-up sehingga pemakai internet harus menyediakan jalur telepon minimal 2 agar tidak mengganggu komunikasi via telepon. Alternatif lain selain dengan dial-up untuk sekarang ini tersedia via: broadband internet, CDMA, GPRS/3G/3.5G/HSDPA, Wifi.

Dengan adanya akses internet via broadband (ADSL), komunikasi lewat telepon tidak terganggu lagi, karena jalur data yang digunakan berbeda dengan jalur telepon. Akan tetapi jalur ini tetaplah untuk yang pemakaian internet di satu tempat. Untuk pemakaian internet bagi user yang mobile, dapat menggunakan jalur CDMA atau GSM. Modem yang dapat digunakanpun bervariasi, antara lain menggunakan handphone sebagai modem, modem PCMCIA, USB modem.

Yang dimaksudkan dengan OLT ini adalah investor sendiri yang memasukkan order jual/beli dengan menggunakan media komputer/laptop sendiri dan order itu secara otomatis langsung terantri di BEI. Akan tetapi order tersebut juga masuk ke server broker karena secara regulasi, semua order yang masuk ke BEI harus melalui broker. Di sini terlihat bahwa secara operasional broker akan terbentuk suatu efisiensi, misalnya dalam tenaga kerja. Dan secara segmentasi pasar, untuk broker-broker yang menyasar investor retail akan sangat cocok. Bagi investor keuntungannya antara lain dimanapun ia berada, sepanjang bisa mengakses ke internet, maka dimanapun di segala penjuru belahan dunia, ia dapat melakukan trading.

Broker-broker yang saat ini menyediakan fasilitas OLT antara lain Sarijaya Permana Securities/SPOL (SP), E-Trading Securities/HOTS (YP), Phillip Securities/POEMS (KK), Samuel Sekuritas (IF), Supra Securinvest (SS), Indo Premier Securities/IPOT ( ). Pelopor dari OLT ini adalah E-trading Securities (YP). Masing-masing broker di atas dalam fasilitasnya ada kekurangan dan kelebihan masing-masing.

E-trading sebagai pelopor OLT di Indonesia memiliki kelebihan di tampilan yang user-friendly. Untuk menutup window, hanya satu window yang perlu ditutup. Fee transaksinya untuk beli 0.25%, sedangkan untuk jual 0.35%. akan tetapi jika klien YP merekomendasikan ke investor lain yang akhirnya menjadi klien YP, maka fee ini dapat diturunkan menjadi 0.19%-0.29%. YP telah memiliki fitur web-based dan WAP-based. Kekurangan dari YP adalah bunga margin yang tinggi, kekurangan lain yang cukup mengganggu investor adalah ketika traffic di bursa tinggi, ada kecenderungan HOTS mengalami lag, sehingga harga yang ditampilkan bukanlah yang real-time. Kalau tidak salah ada iuran bulanan untuk pemakaian platform HOTS ini yang dikenakan ke klien,tetapi jumlahnya relatif kecil

SP dalam OLTnya menyediakan dua macam software, yaitu SPOL dan SPMI. SPOL dilakukan untuk transaksi beli/jual. Sedangkan SPMI hanya sebagai monitoring transaksi di market. Fee transaksi di SP ini 0.3% untuk beli dan 0.4% untuk jual. Jauh lebih besar dari YP. Keunggulan SP adalah terletak pada kestabilan dari platformnya ini. Jarang sekali terjadi lag apalagi eror. Pada suatu waktu pernah terjadi eror dimana pemakainya tidak bisa melakukan transaksi (nyangkut di jaringan), dan luar biasanya salah seorang petingginya menyatakan bahwa nasabah dapat mengklaim kerugian yang diderita pada waktu terjadi eror tersebut. Kekurangan dari platform ini adalah kurang user friendly tampilannya. Windownya harus satu per satu ditutup untuk switch ke program lain yang sedang dijalankan di komputer.

bersambung….

10 Komentar

Filed under finansial

10 responses to “On Line Trading

  1. taufik

    salam kenal pak johan,
    pak johan sendiri,apakah salah seorang pemain saham atau karyawan di perusahaan seckuritas?
    saya tertarik untuk join olt pak, semua yg OLT rata2 broker indo,apakah broker asing punya fasilitas olt juga ya pak?
    penjelasan pak johan berguna sekali,terima kasih pak.
    menurut pak johan,apakah e-trading sang pelopor,apakah mempunyai sistem yg lebih baik dr yg lain nya?
    thanks
    taufik

  2. johan teddy

    Saya sendiri adalah seorang trader/investor, bukan karyawan dari sekuritas manapun juga. Broker terakhir yang mengeluarkan fasilitas OLT adalah Universal Securities, dengan produk yang dinamai Eazydeal. Selain itu broker yang mempunyai fasilitas OLT adalah: Samuel Securities (IF), Sarijaya Permana Sekuritas (SP), E-trading (YP), Indo Premier Securities (PD), Phillip Securities (KK), Supra Securinvest (SS). Dan dari informasi terakhir yang saya dengar, satu lagi broker yang sedang mengembangkan OLT adalah Anugerah Sekurindo (ID). Sepengetahuan saya di broker KK cukup banyak kode F yang bermain di sana (kemungkinan besar Singapore). kekurangan dari POEMS ini adalah produknya yang sifatnya web based, sehingga ada delay)
    E-trading mempunyai interface yang menurut saya lebih baik dibandingkan dengan yang lain. Akan tetapi dari pengalaman, jika order di BEI sedang ramai, E-trading sering sekali mengalami lag (data telat) yang cukup mengganggu. Terkadang juga mengalami sulitnya login ke dalam sistem E-trading. Saya melihatnya hal ini terjadi karena kapasitas server dari mereka sudah overload. Saya tidak tahu angka pastinya, tapi saya yakin pada saat ini E-trading tetap merupakan market leader dari pemain-pemain di OLT. Dari pihak E-trading bukannya diam saja terhadap masalah ini, mereka menyediakan beberapa IP address.
    OLT yang pernah saya gunakan antara lain adalah dari SS (very not recomended, deposit awal 2 juta doank), PD (not recomended, tapi kalau mau yang feenya paling kecil rasanya bisa dapet di sini), SP (recomended, jika terjadi masalah dengan OLT, masih dapat melakukan transaksi melalui telepon, salah satu sekuritas diantara sekuritas OLT yang cabangnya banyak, deposit awal 10 jt, http://www.open-account.net),YP (recomended taku kudu tahan jengkel kalo market lagi rame).
    Eazydeal, produk OLT terbaru di market mempunyai satu fitur yang sangat menarik, yaitu grafik saham (candlestick) dalam skala menitan. Fitur ini akan berguna sekali bagi market trader yang suka bermain one day trading. Saya pribadi belum pernah mencoba Eazydeal. Salah satu punggawa IT dari E-trading dibajak oleh Universal ini untuk mengembangkan Eazydeal.
    Yang saya ingin ingatkan adalah fasilitas OLT hanyalah berupa fasilitas yang memudahkan trader untuk melihat pergerakan harga saham secara real-time. Jika ingin meminimalisasi kemungkinan loss dalam trading, trader/investor harus membekali dirinya dengan Fundamental Analysis, Technical Analysis, Risk Management (Money Management), dan akan lebih baik lagi jika mengerti mengenai portofolio management.

  3. nani

    Pak johan,
    saya baru mau ikutan olt,
    sedangkan saya juga punya kesibukan sebagai ibu RT, suami saya juga bekerja shiftly, apakah mungkin saya melakukan olt ditengah2 kesibukan? terus terang saya masih ragu, karena waktu luang kami cukup terbatas.

    salam

  4. johan teddy

    Dear Ibu Nani.
    saya ingatkan sekali lagi, OLT hanyalah merupakan salah satu tool. yang terpenting adalah apakah anda memiliki pengetahuan yang memadai (terutama risikonya) mengenai investasi itu sendiri (dalam hal ini saham).
    OLT akan menghemat waktu anda untuk menghubungi broker anda. jika anda memutuskan untuk menjual atau membeli saham tersebut. dengan asumsi OLT yang anda pilih tidak mengalami lag.
    saya pun terkadang tidak memiliki waktu yang banyak untuk terus berada di depan monitor untuk memantau saham karena harus mengerjakan kerjaan lain atau meeting. di saat-saat itu jika saya ingin tahu mengenai pergerakan saham, saya akan menelepon san bertanya langsung dengan broker saya.
    ada satu cara lagi untuk menyiasati ketidakhadiran di depan monitor. baru-baru ini broker IPOT mengeluarkan appikasi untuk melakukan OLT dan melihat running trade dengan menggunakan handset Blackberry. akan tetapi aplikasi ini tidak berjalan dengan APN blackberry.net. yang berarti jika anda memakai cara ini, anda harus mengeluarkan dana tambahan diluar layanan Blackberry yang anda pakai. Jika anda ingin memakai cara ini, saya anjurkan anda untuk memakai Blackberry type Bold atau 8707v karena type ini berjalan di jalur 3G.

    *saya sendiri tidak memakai OLT IPOT*

  5. Surya

    Dear Pak Johan,

    Saya tertarik dengan tema OLT ini karena saat ini saya sedang berminat untuk mencoba.
    Klo sekuritas Indofinanz gmn Pak? Recomennded tidak?
    Pak Johan, kalau berkenan mungkin boleh tau alamat YM nya untuk sharing, karena sy betul – betul pemula tentang stock trading.
    Selama ini berusaha belajar dari milis atau thread di forum diskusi tapi ternyata banyak diantara mereka adalah merketing sekuritas tertentu. Jadinya kita yg masih baru belajar malah diprospek..capek juga…

    • johan teddy

      sebagian saya telah jawab via email japri ke anda karena saya kuatir akan menyangkut flaming brand tertentu.
      satu hal yang saya ingatkan dalam OLT, sebaiknya anda memilih OLT yang mempunyai backup transaksi konvensional (via account officer). karena dalam internet sangat mungkin terjadi kegagalan koneksi baik dari pihak anda maupun dari pihak sekuritas

      • Surya

        Terima kasih jawabannya, Pak…Senang bertemu teman diskusi yang sama sekali tidak ada niat memprospek…:-)

  6. Ferdi

    Pak saya mau tanya kalau sekuritas online trading yang biaya bulananya paling kecil apa ya? Krn sy ingin jg ikutan main saham tp jangka panjang, jadi biar jatuh biayanya kecil. Thanks

  7. wisnu

    Pak Jo,
    terimakasih sebelumnya atas ulasan2nya yang menarik.

    mau tanya, apabila saya ingin jadi investor jangka panjang lewat, apakah bisa lewat OLT, mengingat pada sales OLT mendorong kita agar sering bermain saham. mungkin biar mereka dapet banyak fee dari transaksi kita. bagaimana apabila kita hanya ingin membeli saham lalu meng keep nya dalam waktu yang relatif lama? apakah ada biaya bulanan dari OLT ?

  8. Bonie

    Mohon maaf, bila balasan ini terlambat sekali.
    Saya sebagai investor semi trader, hanya mau membagi pengalaman, ada jenis saham bisa digunakan untuk jangka panjang, menengah , pendek.
    Jangka pendek hanya untuk saham-saham non blue chip atau lq45, mungkin hanya disimpan maks. 3 hari, harus dijual,yang penting sudah ada profit.
    Jangka menengah adalah saham-saham yang sedang ‘in’, yang sedang menjadi bahan perbincangan atau berita-berita, contoh AGRO pernah diberitakan akan diakuisisi BRI, maka harga saham AGRO meningkat, biasanya bila memiliki saham itu, dalam 1-2 minggu, bila sudah profit , dijual.
    Jangka panjang, biasanya yang menyangkut hajat hidup orang banyak, harga turun naiknya tidak terlalu fluktuatif, fundamental perusahaannya bagus, contoh : Unilever (UNVR) atau BUMN.

    Untuk Blackberry, saya dengar sudah ada broker yg bisa menggunakan apn.blackberry.net, ada di portal vivanews.com

    Demikian, mudah-mudahan bisa membantu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s