Iklan Properti (yang salah kaprah)???

Beberapa kali ketika surfing channel televisi, saya menyaksikan iklan-iklan properti yang berupa acara televisi dengan durasi 30 menit. biasanya ditayangkan di hari minggu. iklan tersebut menggambarkan suasana yang ada di lingkungan properti tersebut (biasanya apartemen) baik itu di dalam apartemennya ataupun di luar. Ada pula wawancara dengan marketing managernya atau property manager. biasanya dalam iklan tersebut ditampilkan penawaran harga oleh developer dan harga yang ditawarkannya pun sangat menarik. Untuk properti dengan harga 600 juta, hanya dengan uang muka 10 juta rupiah, kita sudah bisa menempatinya. Tetapi ada hal yang cukup mengusik pemikiran saya, yaitu pada akhir penawaran ini, muncullah suatu pesan dimana harga naik mulai tanggal … dan biasanya itu keesokan harinya dari acara tersebut.

Disini terlihat bahwa program promosi iklan ini diharapkan dapat berimbas langsung terhadap penjualan. Saya melihat di sini pihak developer ingin meng-short cut program promosi ini. Yang perlu diingat adalah, program promosi dengan menggunakan media adalah program marketing above the line (ATL). sifat program marketing ATL ini adalah sangat kuat pada tahap Attention dan berturut-turut semakin menurun impactnya terhadap Interest, Desire, dan Action. hal ini berbanding terbalik dengan program promosi marketing Below The Line (BTL).

Apakah pembelian properti bisa terhadi dalam waktu singkat (satu hari)? Biasanya seseorang yang sedang merencanakan untuk membeli properti membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menimbang-nimbang properti mana yang hendak dibelinya. Harga adalah cuma salah satu aspek yang menjadi pertimbangan dari calon pembeli.

Hal lain yang cukup mengganggu saya adalah, pesan harga naik tersebut muncul lagi di tayangan di waktu yang berbeda. Apakah benar harga tersebut benar-benar naik? jika ini hanya berupa gimmick dan ternyata tidak realistis. jangan-jangan calon pembeli bahkan menunda waktu pembeliannya lagi. Dan yang paling terpenting adalah saya tidak tahu apakah dengan iklan semacam ini, developer mengalami peningkatan penjualan yang cukup tinggi.

Tinggalkan komentar

Filed under economic

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s