SOLUSI ATAS KENAIKAN BBM???

Permasalahan mendasar dalam negeri Republik I ini adalah masalah kemiskinan. Ekonomi rakyat berjalan dengan lambat (kalau tidak mau dibilang jalan di tempat). Selama ini rakyat dicekoki dengan subsidi BBM yang katanya memberatkan negara. Dengan harga minyak mentah yang membumbung tinggi, defisit APBN negara makin besar (kapan terakhir kali APBN mengalami surplus?).

Solusi apa yang diberikan kepada rakyat?? Yang pertama adalah, program konversi minyak tanah. Minyak tanah yang notabene banyak dipakai oleh rakyat kecil untuk kebutuhan sehari-hari dikurangi pasokannya di pasar. Dan rakyat kecil dipaksa untuk memakai bahan bakar gas dengan dibagikannya tabung gas 3 kg beserta kompornya. Apa yang terjadi?? Penolakan dari rakyat yang mengatakan bahwa tabung gas itu berbahaya (gimana ga berbahaya jika yang diberikan kompornya jelek, regulator banyak yang jebol). Dan apakah pemerintah tahu bagaimana perilaku masyarakat bawah? Mereka jarang (hampir tidak) menabung (gimana mau menabung kalau penghasilan didapat harian dan nilainya pas-pasan pula). Untuk pemakaian tabung gas mungkin akan lebih hemat daripada minyak tanah. Akan tetapi apa yang dimaksudkan hemat oleh masyarakat bawah?? Mereka kebiasaannya adalah menghabiskan uang yang ada di tangan. Tidak ada yang disisakan untuk menabung. Untuk pembelian tabung gas, maka idealnya mereka mulai harus menabung karena pengeluaran untuk mengganti gas tidak sedikit untuk mereka. Apa yang terjadi bila uang yang mereka peroleh sekarang sehari-hari tetap dihabiskan?? Ketika tiba waktunya untuk mengganti gas, mereka tidak ada uang. Hemat???

Solusi (??) yang kedua adalah pencabutan subsidi BBM untuk bahan bakar kendaraan (premium dan solar). Tentu saja ini bukan solusi yang berarti jika tidak ditambah lagi embel-embel akan ada Bantuan Langsung Tunai (BLT). Akankah hal ini membantu kehidupan rakyat??? Akankah semua rakyat miskin menerima BLT ini? Bagaimana mekanisme pemberian BLT agar semua rakyat miskin mendapatkannya? BLT ini bukanlah mainan baru. Tahun 2005-2006 dahulu telah dilangsungkan program yang sama. Dan hasilnya??? (Kalau ada hasilnya, kok programnya udahan??). Dengan satu kali BLT, masalah rakyat miskin terhadap kenaikan harga kebutuhan pokok selesai? Dan yang perlu direfresh ingatan kita adalah, kenaikan BBM ini bukanlah hal yang baru, sudah beberapa kali BBM dinaikkan, dan hasilnya??? Apakah Negara lebih makmur? apakah rakyat hidupnya lebih enak? makan lebih?

Solusi yang ketiga adalah penggunaan smartcard untuk membatasi penggunaan BBM bersubsidi. Kendaraan yang menggunakan BBM bersubsidi konon katanya hanya motor dan kendaraan umum. Mobil pribadi harus menggunakan BBM non subsidi. Rakyat miskin tidak ada kendaraan pribadi bang. Kita musti naik umum. Jika umum juga dibatasi, akhirnya biaya transportasi akan naik juga. Kenaikan ini yang menanggung siapa? Smartcard diperoleh secara gratis??dijamin tidak ada penyelewengan dalam tendernya?

Adakah solusi untuk memberikan lapangan pekerjaan?? Adakah solusi untuk petani semakin mudah untuk menjual hasil panennya di kota? Solusi yang diberikan adalah sifatnya temporari. Jangka pendek semata. Apakah rakyat Republik I sedemikian menyedihkannya, sampai-sampai harus menerima BLT? Apa bedanya dengan pengemis? Apakah rakyat Republik I tidak dapat berjuang sendiri untuk bangkit dari keterpurukannya?

Pemerintah selalu memberikan solusi ikan, bukan pancing. Proses pembodohan rakyat telah berlangsung lama sekali. Ekonomi yang seharusnya dapat menjadi penggerak suatu negara malahan tidak diurus. Pengusaha sekarang selalu dikejar-kejar pajaknya (baik daerah maupun pajak pusat). Apa yang terjadi ketika pajak diturunkan? (imajinasi aja yuk). Pengusaha dapat menjual barang lebih murah. Investasi mengalir masuk ke negara ini. Dengan adanya investasi, dibutuhkan tenaga kerja yang tidak sedikit. Bahkan jika semuanya berjalan lancar, justru dengan diturunkannya tarif pajak, nilai nominal pajak yang diterima oleh negara lebih meningkat. Hal ini dikarenakan secara jumlah pengusaha pun semakin banyak. Dengan karyawan yang makin banyak, pajak atas penghasilan orang pribadi akan meningkat pula. Permasalahan pengangguran dan kemiskinan sedikit teratasi. Tinggal bagaimana pemerintah dapat membangun budaya dari rakyat untuk semakin skillfull. Akan tetapi mungkin hal ini hanyalah angan-angan belaka. Buktinya banyak sekali pengusaha yang akhirnya merelokasi pabriknya ke Vietnam, Kamboja, China, dll… dan sampai sekarang belum ada solusi pasti dari pemerintah untuk memperbaiki hal ini. Rakyat harus diberikan kemandirian untuk berjuang dalam hidup. Pemerintah hanyalah memfasilitasinya saja. Bukan pemerintah yang memberikan. Beri pancing, jangan beri ikan. Ketika memberi pancing, jika pemerintah tiba-tiba mendadak tidak mampu (atau hanya janji-janji surga belaka) rakyat akan mampu untuk menangkap ikan sendiri untuk kemudian dijual ataupun dimakan sendiri. Akan tetapi jika rakyat terus diberi ikan, jika suatu saat pemberian ikan itu dihentikan, rakyat makan apa???

Tulisan ini tidak dimaksudkan untuk menghina seseorang ataupu sebagian kalangan, akan tetapi jika ada yang merasa terhina atau tersinggung, yah saya Cuma bisa bilang: REALITY SUCKS

2 Komentar

Filed under Uncategorized

2 responses to “SOLUSI ATAS KENAIKAN BBM???

  1. Bri

    BLT?? saya rasa ini konyol, kayak tukang obat yang nyebarin penyakit, lalu ngejual obat penawarnya (eh bukan ngejual ding, memberi… biar dikira pahlawan, oh kacau!!!).

  2. johan teddy

    orang miskin memang sudah sepatutnya dibantu. tapi yang musti dipikirkan adalah caranya. akan lebih baik kalau rakyat jangan diajarkan mengemis, tapi berusaha meningkatkan produktivitas untuk menghasilkan penghasilan yang lebih baik.
    pada acara Kick Andy pernah dimunculkan pianis empat jari yang berasal dari korea (saya lupa namanya)sebagai tamunya. dengan segala keterbatasannya (kaki maupun tangan), ia ternyata dapat berusaha untuk maju dengan semangat yang luar biasa.
    saya cuma berpikir dalam hati, mengapa orang-orang yang lahir dan hidup tanpa cacat fisik ternyata hanya menjadi polisi cepek, pengemis, pengamen di jalanan…miris

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s