EKONOMI : Ini Lho Cara Beriklan yang Efektif

Iklan yang baik dan efektif adalah iklan yang dapat menarik konsumen untuk membeli produk yang diiklankan. Bagaimana membuat iklan efektif?

http://bisniskeuangan.kompas.com/read/xml/2009/03/16/19320976/Ini.Lho.Cara.Beriklan.yang.Efektif

However, apakah saat krisis seperti sekarang ini iklan tetap efektif? Iklan adalah salah satu kegiatan marketing above the line dimana dalam tahapan AIDA efektifitasnya tinggi di tahap awareness, akan tetapi efektivitasnya rendah di Action (yg langsung membuat konsumen bertindak untuk membeli produk).

Hal ini membuat iklan agak ditinggalkan di saat sekarang. Berapa banyak anda melihat billboard yang kosong di jalan-jalan? Di luar jam prime time, apakah anda merasakan bahwa iklan dalam suatu acara televisi hanyalah mengiklankan acara lainnya di stasiun televisi tersebut?

Industri media massa adalah industri yang sangat bergantung pada pemasangan iklan. Akan tetapi di dunia modern seperti sekarang ini, media internet dianggap lebih efisien dalam mengiklankan produk. Pay per click, adsense, product di Facebook dianggap lebih efektif untuk menjangkau konsumen (dari segi biaya pada khususnya). Tidak heran beberapa media telah mengalami kesulitan finansial (chicago tribune contohnya).

Dari sudut pandang perusahaan sendiri harus dapat memandang segmen konsumen yang menjadi targetnya untuk melakukan iklan yang efektif. Persepsi dari segmen konsumen yang menjadi target merket dari perusahaan tersebut menjadi suatu hal yang menting untuk menentukan di media mana iklan sebaiknya ditayangkan, endorser yang mewakili produk itu, konsep iklan.

Sebaiknya iklan jangan ditinggalkan sepenuhnya sebagai salah satu media promosi, tapi memang harus benar2 dipikirkan agar efektif. Awareness konsumen harus tetap terjaga. Karena di sisi lain, kompetitorpun tetap beriklan. Jika siatuasi ekonomi mulai membaik, perusahaan yang terlalu meninggalkan iklan akan kalah start dengan kompetitor.

Regards

Johan Teddy

2 Komentar

Filed under Uncategorized

2 responses to “EKONOMI : Ini Lho Cara Beriklan yang Efektif

  1. Manajemen tempur membiasakan, jika ragu-ragu lebih baik kembali. Mungkin itu yang perlu kita pahami bersama. Ketika kita telah melangkah jauh rasanya, tetapi ternyata masih dekat-dekat saja. Apakah artinya ini ? Kita sering terlalu percaya diri tetapi tidak menghasilkan apa-apa. Banyak teori kita kenal, tetapi praktek dalam dunia marketing masih tetap menjadi bagian yang harus diperhitungkan. Memang susah memprediksi keadaan lapangan, tetapi dalam pengamatan saya, beriklan tetap memberikan kontribusi pada modal kita, kalau toh meleset, peran iklan yang 20 % mungkin saja paling rendah mencapai 10%. Artinya apa ? Laba yang kita dapatkan tidak banyak karena daya dukung iklan yang menurun dengan energi support hanya berkelas 10% saja.
    Menurut pendapat saya, sebagai kesimpulannya, beriklan memang tidak maksimal kinerjaanya saat ini , tetapi tetap berperan.
    Ma’af itu hanya sepengetahuan saya, dan anda dengan jam terbang yang sudah sangat tinggi, pasti memiliki jurus yang lebih sempurna. Tolong dong di bagi-bagi ilmunya !
    Sekian terima kasih
    Best regards,’

  2. Jadi apapun kondisi perekonomian kita, bisnis harus tetap berjalan bagaimana mestinya termasuk dalam usaha mepromosikan bisnis kita
    terima kasih, sharingnya sangat membantu saya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s